Yuk, Cari Tahu 5 Cara Mudah Menahan Tangis Saat di Kantor

ulinulin.com – Pernahkah kamu merasa sangat emosional sehingga tidak tahu cara yang tepat untuk menahan tangis saat di kantor?

Kantor merupakan tempat di mana kita harus selalu bersikap profesional. Jadi, saat kita merasa terlalu emosional tentunya hal itu bisa berpengaruh pada produktivitas kerja.

Jadi, apakah menangis di tempat kerja adalah hal yang terlarang? Yuk, kita cari jawabannya di bawah ini.

Pro Kontra Menangis di Tempat Kerja

© Freepik.com

Ada banyak sekali pro kontra mengenai menangis di kantor. Cukup banyak ahli yang mengatakan bahwa menangis di kantor adalah hal yang wajar.

Namun, ada juga yang menyatakan saat menangis malah hanya membuat kita tidak profesional.

Dilansir dari NBC News, dalam hasil studi Kimberly Elsbach mendapatkan hasil bahwa seseorang yang menangis di tempat kerja akan memiliki kesan yang kurang baik.

Atasan atau rekan kerja akan menganggap seseorang yang mudah menangis sebagai orang yang lemah, tidak profesional, tidak memenuhi syarat yang baik menjadi karyawan, hingga manipulatif.

Dalam studi yang dilakukan oleh profesor dari UC Davis Graduate School of Management tersebut juga menyatakan bahwa tidak apa-apa untuk mengekspresikan emosi negatif di kantor seperti rasa kesal, frustasi atau kecewa.

Namun, sebaiknya jangan sampai menangis karena hal itu akan membuat kita menjadi perhatian dari orang lain sehingga dapat menimbulkan berbagai macam persepsi.

Oleh karena itu, kita sangat perlu tahu bagaimana cara yang tepat untuk menahan tangis saat berada di kantor.

Cara Mudah Menahan Tangis Saat di Kantor

© Freepik.com

1. Ambil napas

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menahan tangis saat di kantor yaitu dengan mengambil napas dalam-dalam.

Hal yang satu ini sangat efektif untuk menahan menangis saat sedang berada di kantor atau tempat umum lainnya, dilansir dari The Muse.

Saat kamu sangat emosional dan air mata akan segera menetes, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam dengan satu kali tarikan yang panjang.

Tahanlah sebentar sekitar 2 sampai 3 detik, kemudian buang napas secara pelan-pelan. Cara yang satu ini sangat efektif untuk membuatmu lebih tenang sehingga bisa mengontrol emosi dengan mudah.

2. Mencubit diri sendiri

Mencubit diri sendiri rupanya juga menjadi cara yang ampuh untuk menahan tangis saat di kantor.

Healthline menjelaskan bahwa rasa sakit pada tubuh kita akibat mencubit diri sendiri bisa mengalihkan perhatian dari keinginan untuk menangis.

Kamu bisa mencubit tangan, pipi atau bagian tubuh yang lain. Namun, ingat ya jangan terlalu keras saat mencubit daripada nanti kamu malah menangis karena kesakitan.

Cobalah untuk mencubit beberapa kali sampai kamu merasa tidak ingin menangis lagi dan menjadi lebih tenang.

3. Coba lakukan aktivitas fisik yang simpel

Saat kamu terlalu emosional tentunya tidak akan fokus pada saat kerja. Jika hanya duduk dan membiarkan perasaan emosional itu terus muncul tentunya kamu tidak akan mampu menahan air mata.

Itulah mengapa saat kamu ingin menahan untuk tidak menangis, sebaiknya segeralah lakukan aktivitas fisik yang simple seperti berjalan di area kantor.

Lakukan micro break dengan berjalan mengelilingi kantor beberapa putaran karena saat tubuh bergerak maka endorphin bisa meningkat dan bisa membuatmu lebih tenang.

Cara menahan tangis di kantor yang satu ini harus kamu coba karena terbukti ampuh untuk menenangkan diri.

4. Meregangkan otot wajah

Saat seseorang menangis biasanya otot wajahnya akan cenderung menjadi tegang menurut Medical News Today.

Oleh karena itu, saat kamu ingin menahan agar tidak menangis, sebaiknya gerakkan bagian wajah agar otot bisa lebih rileks. Hal yang satu ini pasti akan membantumu untuk mencegah menangis.

Lakukan beberapa gerakkan yang bisa meregangkan otot wajah seperti berkedip beberapa kali, menaikkan alis, hingga menggerakkan lidah ke bagian atas mulut.

5. Pikirkan hal-hal yang membuatmu bahagia

Selain dengan melakukan kegiatan fisik, cara menahan tangis di kantor juga bisa dilakukan dengan lewat pendekatan mental yaitu dengan mengontrol pikiranmu.

Jika yang ada di pikiranmu hanya ada hal-hal yang membuatmu bersedih tentunya keinginan untuk menangis akan lebih besar.

Jadi, sebaiknya pikirkan hal-hal yang membuatmu bahagia agar bisa berhenti memikirkan kesedihanmu. Selain itu, cobalah mengingat hal-hal memalukan yang pernah kamu lakukan karena pasti akan membuatmu tertawa.

Kamu juga bisa mencoba browsing hal-hal lucu yang ada di internet seperti melihat meme atau video yang konyol agar bisa melupakan perasaan sedihmu.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menahan tangis saat di kantor.

Selalu ingat bahwa kantor bukanlah tempat yang tepat untuk menangis dan mencurahkan emosi. Pasalnya, saat kamu menangis malah bisa merusak suasana kerja.

Jadi, sebisa mungkin saat ingin menangis lebih baik segera lakukan hal lain untuk mengalihkan perhatian.

Jika masih sulit untuk menahan diri agar tidak menangis di kantor, kamu bisa meminta coba temukan berbagai masukan dari sesama pengguna di Glints Komunitas.

Di forum tanya jawab ini kamu bisa sharing dan meminta tips dari para pengguna Glints lainnya mengenai masalah di kantor atau seputar dunia kerja lainnya.

Jadi, jika kamu sudah tidak sabar untuk mencoba curhat di Glints Komunitas, segera buat akunmu sekarang juga!

Sumber

    10 Ways to Stop Crying

    How to Avoid (or Delay) Crying at Work When You Really Need to Keep it Together

    Is it ever okay to cry at work?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”