Yuk, Hilangkan Bekas Hairspray Agar Rambut Tidak Kaku

ulinulin.com – Keberadaan hairspray memang sangat membantu kita dalam menata rambut sehari-hari. Kita tidak perlu khawatir tatanan rambut akan rusak saat tertiup angin atau beraktivitas jika sudah “dikunci” oleh hairspray. Singkatnya, produk styling yang satu ini benar-benar sangat membantu untuk menjaga penampilan rambut.

Di balik manfaat hairspray, ada konsekuensi saat kamu memutuskan memakai produk styling yang satu ini. Ya, rambutmu akan terasa kaku akibat residu yang ditinggalkan hairspray. Bahkan, residu hairspray ini akan tetap bertahan di rambutmu sampai berhari-hari jika kamu tidak memiliki inisiatif untuk membersihkannya.

Apabila kamu kesulitan menghilangkan bekas hairspray yang masih melekat di rambut, Kamini punya cara ampuh untuk membersihkan rambutmu dari sisa hairspray! Mulai dari produk instan sampai bahan alami semuanya tersedia di sini untuk membantumu menghilangkan residu hairspray.

Produk untuk Menghilangkan Hairspray

Hairspray dirancang dengan formula yang sangat kuat untuk mengunci tatanan rambut. Kamu tak perlu heran jika residu hairspray membuat rambutmu terasa kaku. Hal tersebut semata-mata untuk mengunci rambut agar tidak lemas atau mudah tertiup angin.

Jika ingin menghilangkan residu hairspray, ada sejumlah produk yang bisa kamu pakai, lho. Berikut adalah produk yang kami rekomendasikan untuk menghilangkan sisa hairspray:

    Shampo

Pada dasarnya, ada hairspray yang bisa dihilangkan dengan menggunakan air. Namun, ada pula hairspray yang tetap bertahan meskipun terkena air. Apabila kamu menggunakan hairspray yang tahan air, shampo adalah produk terbaik untuk membantumu menghilangkan residu hairspray.

Pertama, basahi seluruh rambutmu dengan air dingin. Tuangkan shampo jenis apapun ke telapak tangan, lalu usapkan ke rambut sampai berbusa. Setelah membilas rambut dengan air, ulangi langkah keramas ini sampai 2-3 kali agar residu hairspray-nya benar-benar hilang.

    Bedak Bayi

Seringkali kita malas keramas jika sudah larut malam. Alhasil, tatanan rambut yang disemprot hairspray tadi langsung saja dibawa tidur. Kamu akan tidur dengan rambut kaku dan residu hairspray yang masih melekat di rambut. Membiarkan residu hairspray berada terlalu lama di rambut bisa membuat rambut jadi semakin kering.

Solusi menghilangkan hair spray tanpa keramas adalah dengan menaburkan bedak bayi ke seluruh bagian rambut. Bedak bayi mampu menyerap residu hairspray pada rambut. Keesokan harinya, cucilah rambutmu dengan shampo untuk menghilangkan bedak bayi dan sisa hairspray secara tuntas.

Pada umumnya, residu hairspray akan hilang dengan sendirinya saat kamu keramas memakai shampo. Namun, jika sisa hairspray tak kunjung hilang meskipun sudah keramas berkali-kali, pertimbangkan untuk mencoba bahan alami yang dipercaya mampu menghilangkan residu hairspray tanpa merusak rambut.

Bahan Alami untuk Menghilangkan Hairspray

Hairspray mengandung bahan kimia yang cukup “keras” untuk mengunci tatanan rambut. Bila kamu tidak ingin menambah “beban” pada rambutmu, pertimbangkan untuk memakai bahan-bahan alami yang dapat menghapus residu hairspray di rambut.

Apa saja bahan-bahan alami yang dapat menghilangkan hairspray pada rambut?

    Baking Soda

Bahan yang biasa dipakai untuk membuat kue ini ternyata sangat ampuh menghapus residu hairspray yang membandel pada rambut. Tak tanggung-tanggung, baking soda akan menghilangkan sisa hairspray hanya melalui satu langkah pembasuhan saja.

Pertama-tama, campurkan 1 sendok makan baking soda dalam 250ml air. Aduk sampai rata, lalu tuangkan larutan baking soda ke seluruh bagian rambut sambil digosok dengan jari. Diamkan selama 5 menit. Kemudian, bilas dengan air dan lanjutkan mencuci rambutmu pakai shampo.

    Cuka Apel

Satu lagi solusi terbaik untuk hilangkan sisa hairspray di rambut menggunakan bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia, yakni dengan memakai cuka apel. Bahan alami yang satu ini banyak dijual di pasaran dan dikemas dalam botol.

Tuangkan cuka apel ini ke seluruh bagian rambut. Beri waktu selama 10 menit agar cuka apel ini bekerja melunturkan residu hairspray di rambutmu. Bilas rambut dengan air bersih. Kamu tidak perlu langsung mencuci rambutmu pakai shampo setelah kamu melakukan pembersihan dengan cuka apel ini.

    Tomat

Tomat dikenal sebagai bahan alami untuk merawat wajah. Akan tetapi, tomat juga bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut, salah satunya untuk bantu menghilangkan sisa hairspray yang masih melekat pada rambut.

Yang perlu dilakukan adalah menghaluskan beberapa buah tomat segar di dalam blender. Campurkan sedikit air dalam blender, tapi jangan terlalu banyak agar tidak terlalu encer. Oleskan jus tomat ini ke rambut, terutama di bagian yang disemprot hairspray. Diamkan selama 30 menit, lalu lanjutkan dengan keramas pakai shampo dan mengaplikasikan conditioner pada rambut.

    Kulit Jeruk atau Lemon

Cara yang satu ini mungkin sedikit merepotkan karena kamu harus menghaluskan kulit jeruk atau lemon. Metode menghaluskan kulit jeruk atau lemon bisa dengan mengandalkan blender atau parutan. Beri air secukupnya saat menghaluskan kulit buah ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”