Yuk, Intip Gapura Digital, Program Kelas Gratis dari Google!

ulinulin.com – Tahukah kamu, bahwa ada kelas gratis dari Google yang dikhususkan untuk meningkatkan kecakapan pebisnis memanfaatkan teknologi digital dalam usaha?

Nah, kelas gratis yang dikenal dengan nama Gapura Digital ini, cocok untuk kamu yang sedang merintis usaha kecil mikro dan menengah (UMKM). Khususnya di masa-masa pandemi seperti saat ini.

Yuk, kita kenalan dengan Gapura Digital!

Kelas Gratis untuk Usaha Kecil

© Pexels.com

Gapura Digital merupakan program digital skilling yaitu kelas dari Google yang ditujukan bagi pengusaha kecil di Indonesia.

Menurut Go UKM, Gapura Digital telah hadir sejak tahun 2017.

Sejak debutnya, Gapura Digital telah menghadirkan begitu banyak kelas gratis seputar pengembangan keterampilan pengusaha dan manajemen usaha kecil di Indonesia.

Kelas gratis ini ditargetkan untuk mereka tidak begitu cakap menggunakan teknologi khususnya produk-produk Google dan media digital untuk bisnis.

Harapannya, bisnis kecil dan menengah di Indonesia bisa menjadi lebih produktif dan berkembang pesat untuk menumbuhkan perekonomian negara yang lebih baik.

Gapura Digital menawarkan berbagai kelas yang bisa kamu ikuti secara gratis dengan beragam topik bermanfaat dari orang-orang berpengalaman di bidang bisnis dan teknologi.

Di Gapura Digital, kamu bisa belajar tentang tren bisnis digital, cara membangun portal usaha, menjalin hubungan yang baik dengan konsumen menggunakan teknologi, Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), dan banyak lagi.

Kamu juga bisa dengan bebas memilih kelas maupun topik mana saja yang ingin diikuti.

Tidak hanya gratis, kamu juga akan mendapatkan sertifikat untuk setiap kelas yang kamu hadiri di Gapura Digital, lho.

Kelas gratis oleh Gapura Digital dari Google sebenarnya dapat dijumpai di Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Semarang, Solo, Yogyakarta, Palembang, Padang, Medan, Pontianak Makassar, Denpasar, dan Lombok.

Namun, akibat pandemi, kelas Gapura Digital dapat dihadiri secara online saja via YouTube.

Cara Mendaftar Kelas Gratis Gapura Digital oleh Google

© Pexels.com

Untuk mengikuti kelas gratis dari Google ini, kamu hanya perlu mendaftar saja.

Pertama, bukalah laman Gapura Digital. Di sana, kamu bisa menemukan kelas-kelas gratis yang masih membuka pendaftar.

Pilih daftar kelas, kemudian tentukan topik kelas serta waktu pelatihan yang bisa kamu hadiri.

Selanjutnya, kamu tinggal mengisi data pribadi dan mengonfirmasi keikutsertaanmu dalam pelatihan kelas gratis dari Google.

Mudah sekali, kan?

Kelas Gapura Digital

© Pixabay.com

Dilansir dari Woke.id, kelas gratis di Gapura Digital oleh Google memiliki setidaknya 4 kelas, yaitu Siap Digital, Handal Digital, Kelas Berbagi, dan Kelas Womenwill.

Gapura Digital

Kelas ini bertujuan untuk mengenalkan UKM dengan dunia digital dan manfaatnya untuk membangun usaha. Di sini kamu bisa belajar tentang strategi, tren terbaru, dan saluran digital yang tepat untuk usahamu.

Handal Digital

Di kelas Handal Digital, kamu bisa belajar bagaimana membuat sebuah website yang efektif, bagaimana merencanakan konten yang baik, tips-tips copywriting, cara membuat website, dan pemanfaatan media video sebagai strategi membangun brand atau merek.

Kelas Berbagi

Sebelum kamu bergabung di kelas Berbagi, disarankan untuk terlebih dahulu mengikuti kelas Handal Digital dan Profesional Digital. Di kelas Berbagi, kamu bisa gratis belajar tentang SEO, periklanan online di Google, dan bagaimana mengoptimasi iklan digital.

Kelas Womenwill

Kelas ini khusus para wanita yang ingin mengembangkan bisnis.

Di Womenwill, dibahas bagaimana cara merintis bisnis dan mengaturnya agar berhasil.

Selain itu, tentu saja diajarkan pula teknologi pendukung usaha UMKM.

Saat ini, Gapura Digital tengah membuka kelas Gapura Digital dan Womenwill. Topik yang bisa kamu ikuti di bulan Juli ada tiga, yaitu:

1. Tetap terhubung dengan pelanggan Anda melalui Google Bisnisku

Di kelas ini kamu akan mendapatkan tips bagaimana caranya tetap terhubung dengan pelanggan bisnis menggunakan Google Bisnis dan serba-serbi aplikasi tersebut.

2. Kelola tim dan bisnis Anda secara efisien dari rumah

Topik kelas Gapura Digital ini memberikanmu tips soal pengelolaan bisnis dari rumah.

3. Memahami tren konsumen Indonesia dengan Google Trends

Dengan kelas gratis dari Google ini, kamu akan mendapatkan informasi tren apa saja yang penting untuk kamu ketahui agar bisnis bisa sukses.

Bagaimana, terdengar seru, ya?

Tunggu dulu, Gapura Digital bukanlah satu-satunya penyedia kelas pengembangan keterampilan, lho!

Kelas-kelas dengan topik terkini juga bisa ditemukan di Glints ExpertClass.

Di Glints ExpertClass, kamu bisa mengikuti kelas-kelas oleh praktisi di bermacam-macam bidang, khususnya yang berkaitan dengan tren digital masa kini.

Tidak kalah menarik, bukan?

Jangan sampai ketinggalan Glints ExpertClass, temukan kelas yang kamu inginkan sekarang!

Sumber

    Belajar tentang Pemasaran Digital di Gapura Digital untuk UMKM

    Pendaftaran Kelas Gratis Google, Gapura Digital

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”