Yuk Kenali Jenis-Jenis Rambut Keriting dan Cara Merawatnya

ulinulin.com – Walaupun rambut lurus menjadi idola di kalangan para wanita, tetapi rambut keriting juga tetap diminati. Hal ini dibuktikan dari banyaknya kaum hawa yang sering mencatok rambut lurusnya agar terlihat sedikit bergelombang. Apakah kamu juga termasuk penyuka rambut keriting?

Ada beberapa jenis rambut keriting, baik itu keriting alami atau yang dibentuk di salon. Jika kamu merupakan pemilik rambut keriting, sebaiknya kenali jenis rambut keritingmu melalui artikel Kamini yang satu ini. Tak hanya mengenal jenis rambut keriting saja, kami juga akan membagikan cara merawat rambut keriting yang benar.

Jenis-jenis Rambut Keriting

1. Rambut Bergelombang

Jenis rambut keriting yang pertama adalah rambut bergelombang. Ini merupakan perpaduan antara rambut lurus dengan rambut keriting. Rambut bergelombang ini merupakan jenis rambut yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat di Indonesia.

Rambut bergelombang dibagi menjadi tiga jenis rambut, yakni:

    Tipe 2A

Jenis rambut gelombang tipe 2A tidak terlalu keriting dan masih nampak bagian rambut yang lurus. Menariknya, jenis rambut ini lebih mudah ditata dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Rambut tipe 2A ini bisa dicatok lurus atau keriting dengan cepat.

    Tipe 2B

Kalau gelombang rambut cukup besar hingga menyentuh akar rambut, mungkin rambut tersebut termasuk tipe 2B. Berbeda dengan tipe 2A, tipe 2B ini lebih sulit ditata dan kadang-kadang meninggalkan kusut di dekat akar rambut.

    Tipe 2C

Satu lagi jenis rambut gelombang yang terbilang paling sulit diatur, yakni tipe 2C. Gelombang rambut tipe 2C dimulai dari akar rambut sampai ujung rambut. Tentu saja kamu memerlukan waktu yang lebih banyak untuk menata rambut gelombang jenis ini karena tekstur rambut lebih tebal dan mudah kusut. Jika tidak ditata dengan baik, rambut jenis ini akan membuatmu terlihat seperti singa.

Rambut gelombang tipe 2A adalah yang paling banyak dimiliki oleh wanita Indonesia. Jadi, bersyukurlah jika kamu termasuk salah seorang yang memiliki rambut tipe 2A karena jenis rambut tersebut lebih mudah diatur dibanding jenis rambut keriting lainnya.

2. Rambut Keriting

Berbicara soal rambut keriting, sebagian dari kita mungkin masih sulit membedakan antara rambut gelombang dan rambut keriting. Rambut gelombang memiliki ikal yang besar sehingga tidak terlalu tampak berlekuk. Sementara rambut keriting memiliki ikal-ikal kecil yang terlihat sangat jelas.

Sama seperti rambut gelombang, ternyata rambut keriting juga dibagi menjadi tiga jenis, antara lain adalah:

    Tipe 3A

Rambut keriting tipe 3A memiliki diameter yang paling besar dibanding kedua jenis rambut keriting lainnya. Namun, kamu membutuhkan sedikit usaha untuk mengatur rambut jenis ini. Gunakan mouse atau produk penataan rambut yang basah untuk menata rambut jenis ini. Jenis rambut 3A sendiri juga tahan terhadap suhu panas ketika harus ditata dengan alat styling.

    Tipe 3B

Jenis rambut keriting 3B memiliki diameter yang cukup kecil. Namun, hal tersebut justru membuat rambut jenis ini nampak seperti habis menjalani proses pengeritingan di salon. Jenis rambut 3B ini bermacam-macam, ada yang jatuh ke bahu, tapi ada pula yang justru tampak menggumpal di bagian atas.

    Tipe 3C

Di antara dua jenis rambut keriting yang sudah dibahas, tipe 3C memiliki diameter keikalan rambut yang paling kecil. Bahkan, diameter rambut tipe 3C ini hanya selebar satu buah pensil. Pemilik rambut keriting 3C akan terlihat seperti memiliki rambut yang tebal. Padahal, itu merupakan efek rambutnya yang ikal dan mengembang.

Ketiga jenis rambut keriting ini bisa diwujudkan melalui proses pengeritingan di salon. Akan tetapi, ada juga orang yang beruntung memiliki rambut keriting alami. Kalau kamu, manakah jenis rambut keriting yang paling sesuai dengan milikmu?

3. Rambut Kribo

Kribo atau afro merupakan jenis rambut keriting dengan diameter ikal yang sangat kecil. Bahkan, saking kecilnya diameter ikal pada rambut kribo, rambut ini nampak seperti mie. Rambut kribo terbilang jarang di Indonesia. Kalaupun ada orang yang berambut kribo biasanya adalah buatan salon.

Sama seperti dua jenis rambut keriting lainnya, rambut kribo juga terdiri dari tiga tipe, yakni:

    Tipe 4A

Rambut kribo tipe 4A memiliki tekstur yang nampak lebih halus. Keikalan rambutnya berbentuk“S” dengan diameter yang teramat kecil. Saking kecilnya, rambut tipe 4A nampak seperti rajutan. Rambut ini paling cocok ditata dan dilembabkan dengan bahan alami sejenis shea butter.

    Tipe 4B

Jika diperhatikan, rambut kribo tipe 4B ini nampak seperti pegas kecil yang biasa terdapat di dalam bolpen. Tekstur rambut tipe 4B ada yang kasar, tapi ada juga yang halus. Cara terbaik untuk merawat rambut jenis ini adalah membubuhkan minyak jarak sebelum mencuci rambut dengan shampo.

    Tipe 4C

Tampilan rambut tipe 4C ini sejatinya mirip dengan rambut tipe 4B. Namun, tipe 4C ini terlihat lebih pendek dan rentan terhadap penyusutan. Mengingat rambut tipe 4C ini paling halus, maka perawatan yang dibutuhkan pun lebih intensif.

Tertarik untuk memiliki rambut kribo? Nampaknya, kamu butuh ketelatenan untuk merawat rambut kribo. Rambut kribo yang menyusut tentu akan terlihat acak-acakan dan sangat tak beraturan. Jadi, kamu membutuhkan bantuan conditioner, hair mouse, dll., untuk merawat rambut kribo.

Cara Merawat Rambut Keriting

Perawatan rambut keriting sedikit lebih rumit dibanding rambut lurus. Pasalnya, rambut keriting lebih mudah kusut. Selain itu, jika keritingmu dibuat di salon, kamu wajib memperlakukan rambutmu dengan sangat hati-hati akan keritingnya tidak menyusut atau renggang.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”