Yuk, Ketahui Macam-Macam Foundation yang ada di Pasaran

ulinulin.com – Suatu riasan wajah tidak akan bisa sempurna kalau tanpa pondasi. Foundation adalah pondasi dari makeup. Akan tetapi, foundation itu tidak cuma ada satu macam saja, melainkan bermacam-macam. Makanya orang yang belum akrab dengan makeup bisa dibuat kebingungan karenanya.

Jenis-jenis foundation bisa dipecah menjadi berdasarkan jenis kulit, material pembuatan, konsistensi, coverage, hingga pengaplikasiannya. Lalu, bagaimana supaya Anda tahu foundation yang tepat? Untuk itu, Kamini akan mengajak Anda berkenalan dengan macam-macam foundation yang ada di pasaran.

1. Liquid Foundation

Jenis foundation yang paling sering ditemui di pasaran adalah liquid (cair). Foundation cair populer bukan tidak ada alasannya, loh. Foundation jenis ini meluncur dengan mudah di kulit, sehingga orang yang kurang lihai berdandan juga tidak akan mengalami kesulitan yang berarti. Foundation ini cocok untuk semua jenis kulit, apalagi kulit kering dan kulit kombinasi.

Liquid foundation juga biasanya merupakan yang paling tinggi tingkat coverage-nya. Makanya, liquid foundation merupakan foundation wajib untuk makeup pengantin. Kerennya lagi, foundation cair bisa Anda aplikasikan dengan apa saja, ya, apa saja! Mau pakai spons, beauty blender, brush, silisponge, bahkan jari tangan pun bisa!

2. Powder Foundation

* sumber: www.getthegloss.com

Bedak. Sepertinya semua orang sudah familiar dengan jenis makeup yang satu ini, ya? Foundation juga ada yang berbentuk powder. Foundation berbentuk powder ini akan memberikan tampilan yang natural karena formulanya lebih ringan.

Kelebihan lainnya, foundation powder (yang compact) memiliki bentuk kemasan yang mudah dibawa ke mana-mana, sehingga memudahkan Anda untuk touch-up.

Kekurangannya, bedak ini formulasinya lebih kering dibandingkan jenis foundation mana pun juga. Sehingga agak kurang bagus diaplikasikan pada kulit kering. Yang cocok menggunakan powder foundation adalah orang dengan kulit oily. Konsistensi bedak ini dibagi lagi menjadi dua, yaitu dan compact powder.

    Loose Powder Foundation

Loose Powder Foundation

Loose powder foundation adalah bedak foundation berbentuk bubuk. Loose powder foundation merupakan foundation yang paling ringan yang pernah ada. Bedak tabur paling cocok untuk kulit berjerawat, kan? Begitu pula dengan loose powder foundation.

Pada umumnya, loose powder foundation dapat menyamarkan jerawat dengan lebih baik. Bahkan beberapa brand ada yang menambahkan “obat” jerawat seperti asam salisilat dan formula non-comedogenic. Sehingga, selain menyamarkan dapat menyamarkan, mengobati dan mencegah jerawat di kemudian hari.

Loose powder foundation biasanya dilengkapi dengan anti bakteri serta kandungan mineral seperti zinc, sulfur, dan kaolin clay yang bagus untuk membuat kulit menjadi hasil yang matte serta membersihkan pori-pori kulit. Foundation berbentuk bedak tabur memang banyak yang khusus diciptakan untuk kulit berminyak dan berjerawat, makanya kandungannya benar-benar menjurus ke arah sana.

    Compact Powder Foundation

Compact Powder Foundation

Selanjutnya ada compact powder. Sederhananya, bedak ini dibuat dari loose powder yang dipadatkan. Sama seperti loose powder-nya, foundation dengan bentuk bedak padat biasanya dilengkapi dengan kandungan mineral untuk membuat kulit nampak bercahaya alami. Bukan “bercahaya” karena kulit yang berminyak, ya. Karena kebanyakan foundation compact powder itu oil-free.

Sama juga seperti loose powder, foundation berbentuk bedak padat ini tidak akan memberikan efek “berat” di wajah Anda. Coverage-nya bermacam-macam, ada yang sheer, medium, bahkan full (walaupun jarang yang sampai full). Kelebihan foundation compact powder dari loose powder adalah, bentuknya lebih praktis, sehingga bisa Anda bawa ke mana-mana untuk touch-up. Anda juga tidak perlu takut ketumpahan kalau bawa compact powder.

Menariknya, foundation padat ini juga bisa Anda buat menjadi foundation cair. Untuk caranya, silakan ikuti tutorial di artikel ini.

    Two Way Cake Foundation

Two Way Cake Foundation

Sebenarnya two way cake masih bisa dikategorikan dengan foundation compact powder. Tapi, kalau ditelusuri lagi pada hakikatnya kedua benda ini berbeda. Jika foundation compact powder benar-benar dibuat dari pure 100% foundation, kalau two way cake ini merupakan campuran antara foundation dengan bedak biasa. Lebih tepatnya, two way cake merupakan lebih banyak bedak dan sedikit foundation.

3. Cream Foundation

* sumber: www.beautyholicsanonymous.com

Kalau Anda pernah belajar makeup pengantin pasti sudah kenal banget dengan jenis foundation yang satu ini, yaitu cream. Foundation cream merupakan foundation yang tingkat coverage-nya paling tinggi dan lebih berpigmen. Makanya ia sering dipakai untuk base makeup pengantin. Kalau cuma untuk makeup sehari-hari, sih, sebaiknya Anda tidak menggunakan foundation jenis krim. Kecuali jika formulanya ringan dan hasil akhirnya sheer to medium.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”