Yuk Pelajari Cara Agar Proses Klaim Asuransi Mobil Lebih Cepat

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/13/ZXn5Pos1/cara-agar-proses-klaim-asuransi-mobil-lebih-cepat-cdd9.jpg”>

Saat ini hampir semua mobil baru sudah terproteksi dengan sistem asuransi kendaraan bermotor. Bahkan sistem asuransi ini menjadi satu paket dengan harga jual mobil, sehingga pembeli tak perlu pusing lagi mencari asuransi untuk kendaraannya.

Asuransi kendaraan tentu sangat berguna untuk melindungi mobil Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saat terjadi kecelakaan, huru hara, atau bahkan pencurian. Namun masalah baru kadang muncul belakangan, yaitu saat mengajukan klaim asuransi pasca terjadi sesuatu dengan mobil Anda.

Sering kali para pemilik kendaraan merasa kesulitan ketika mengajukan klaim asuransi. Mereka menilai proses klaim berbelit-belit dan berharap ada cara agar proses klaim asuransi mobil lebih cepat.

Padahal sejatinya, setiap asuransi memiliki prosedur kalim yang rata-rata serupa. Proses kalim jadi lama mungkin karena kesalahan Anda sendiri. Karena itulah, kali ini tim Cintamobil akan memaparkan bagaimana cara agar proses klaim asuransi mobil lebih cepat.

1. Selalu Siapkan Dokumen

Dokumen wajib sebaiknya sudah disiapkan jauh-jauh hari

Cara agar proses klaim asuransi mobil lebih cepat, sebaiknya Anda sudah menyiapkan semua kelengkapan dokumen wajib yang dibutuhkan saat klaim. Anda tidak perlu menunggu terjadi sesuatu dulu dengan kendaraan Anda baru menyiapkan dokumen ini. Sebaiknya dokumen disatukan dalam satu file premi asuransi Anda agar mudah dalam pencarian saat dibutuhkan.

Dokumen yang bisa disiapkan tanpa menunggu kejadian antara lain fotokopi polis asuransi, fotokopi kartu identitas (KTP) pemegang polis, fotokopi SIM (Surat Izin Mengemudi), dan fotokopi STNK kendaraan yang diasuransikan.

2. Lengkapi Dokumen Pendukung

Dokumen pendukung jangan sampai ada yang terlewat

Selain dokumen-dokumen wajib yang sudah Anda siapkan, cara agar proses klaim asuransi mobil lebih cepat yakni dengan melampirkan semua dokumen pendukung. Dokumen ini berbeda-beda kebutuhannya tergantung kejadian yang Anda laporkan ke pihak asuransi.

Untuk klaim kerusakan sebagian dari bagian kendaraan, membutuhkan dokumen lain berupa laporan kerugian dan telah ditandatangani tertanggung. Sementara untuk klaim karena kehilangan keseluruhan kendaraan biasanya harus ditambahkan Keterangan Kaditserse Kendaraan Hilang dari Kepolisian di lokasi kehilangan serta surat keterangan blokir STNK.

3. Siap untuk Dihubungi

Jangan sulit dihubungi untuk survei biar proses klaim berjalan lancar

Setelah proses kelengkapan dokumen selesai, sebaiknya Anda selalu bisa dihubungi oleh pihak asuransi untuk melakukan survei. Pasca penyerahan seluruh dokumen yang dibutuhkan, umumnya pihak asuransi akan menghubungi kembali dalam beberapa hari guna melakukan proses survei. Proses ini dilakukan agar mereka bisa mengetahui penyebab kerugian sekaligus menghitung estimasi biaya kerugiannya.

Sebaiknya ponsel Anda selalu terjaga jika sewaktu-waktu pihak asuransi menawarkan jadwal survei ke lokasi Anda. Dan luangkanlah waktu sejenak untuk berama-sama dengan pihak asuransi melakukan pengecekan kondisi kendaraan Anda agar semua berjalan lancar.

Setelah proses survei, cara agar proses klaim asuransi mobil lebih cepat selanjutnya adalah pihak asuransi akan menganalisis lebih lanjut untuk menentukan nilai ganti rugi dan prosesnya. Penyelesaian masalah pun akan disesuaikan dengan kerugian.

Nah mudah bukan…

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”