Yuk, Telusuri Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan Mental!

ulinulin.com – Tahukah kamu, salah satu manfaat minum teh adalah menjaga kesehatan mental? Bagaimana caranya?

Penasaran bukan? Berikut ini Glints sudah siapkan penjelasan lengkapnya.

Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai manfaat teh untuk kesehatan mentalmu.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Self Care di Kantor untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu

Teh untuk Kesehatan Mentalmu

Selama bertahun-tahun, manusia telah mengonsumsi teh tiap harinya untuk efek yang menenangkan dan rasanya yang menggugah.

Efek menenangkan tradisional dari tanaman camellia sinensis ini telah dikembangkan menjadi berbagai jenis minuman.

Air teh tak hanya diminum sebagai pelepas dahaga, tetapi juga sebagai sarana untuk meditasi.

Meskipun manfaat teh bagi kesehatan mental sudah menjadi rahasia umum di kalangan penikmatnya, kini para ilmuwan mulai memeriksa bagaimana teh dapat memberikan efek baik pada suasana hati dan kognisi tubuh manusia.

Kandungan di dalam Teh

© Pexels.com

Menurut Nature, para peneliti telah menyimpulkan bahwa meminum teh dapat menurunkan kadar hormon stres yang bernama kortisol.

Lalu, bukti dari manfaat teh untuk kesehatan jangka panjang juga muncul. Seperti teh hijau yang apabila diminum setidaknya 100 mililiter atau sekitar setengah cangkir per hari dapat menurunkan resiko depresi dan demensia.

Tentunya efek ini tidak datang dengan sendirinya. Terdapat kandungan zat yang memengaruhi peminum teh sehingga merasakan dampak yang baik.

Nah, berikut adalah kandungan dalam teh beserta efeknya bagi kesehatan mental manusia.

1. Kafein

Tidak hanya kopi, tapi teh juga mengandung kafein, lho. Takarannya dianggap sesuai dengan keperluan tubuh manusia.

Kafein sendiri adalah sebuah stimulan untuk sistem saraf pusat yang dimiliki tubuh manusia.

Ia membersihkan saluran pernapasan dan membuat darah kita terpompa lebih cepat. Efek tersebut adalah alasan mengapa teh sangat cocok untuk mengalahkan rasa letih.

Kafein juga menahan dopamin, zat perangsang rasa senang, agar tidak mudah hilang. Maka dari itu tak jarang teh menjadi pilihan banyak orang untuk bersantai dan menghilangkan jenuh.

Baca Juga: Daftar 3 Startup Kesehatan Mental Indonesia untuk Layanan Psikologi Masa Kini

2. Asam amino L-theanine

Dilansir dari Ontario, studi menunjukkan bahwa asam amino L-theanine yang ditemukan dalam teh mampu memperbaiki konsentrasi dan memiliki efek relaksasi tanpa menyebabkan kantuk.

Manfaat kandungan ini khususnya ditemukan dalam teh hijau, di mana zat ini terbukti dapat membantu individu untuk merasa rileks tanpa adanya perasaan gelisah yang biasanya timbul setelah meneguk kopi.

3. Antioksidan

Antioksidan dikenal sebagai sebagai satu dari banyak zat yang mampu menurunkan risiko kanker dan diabetes.

Namun, menurut Kompas, sebenarnya zat ini dapat mengatasi masalah kesulitan tidurmu. Permasalahan seperti insomnia dapat diredakan dengan antioksidan.

Makanya tak jarang orang akan memilih teh sebagai minuman sebelum tidur.

Riset Terkini Mengenai Manfaat Teh untuk Kesehatan Mental

© Freepik.com

Mengingat manfaat teh yang sangat beragam, kini banyak penelitian yang berfokus untuk mencari misteri lain dalam kandungan teh.

Banyak bukti yang sudah tersedia didasari oleh hasil penelitian dari studi epidemiologi. Seperti bagaimana teh dapat memberikan efek positif pada suasana hati dan fungsi kognitif jasmani manusia.

Awal tahun ini, misalnya, para peneliti melaporkan bahwa pada populasi masyarakat Korea yang sehat, mereka yang terbiasa mengonsumsi teh hijau memiliki kemungkinan 21% lebih kecil untuk mengalami depresi selama hidup mereka.

Lalu, Andrew Steptoe, seorang psikolog dari University College London, menyelidiki apakah efek relaksasi teh adalah hasil biologis langsung atau berasal dari konteks sosial di mana minuman tersebut dikonsumsi.

Dalam arti apakah teh memang mengandung zat lain yang secara langsung menenangkan peminumnya? Atau sebenarnya situasi saat meminum teh yang memberikan efek yang baik?

Kesimpulan yang bisa diambil adalah teh merupakan pilihan yang tepat untuk menurunkan stres. Apalagi jika kamu mengonsumsinya dalam suasana yang santai bersama teman-teman.

Baca Juga: Antara Kopi dan Teh, Mana yang Lebih Baik untuk Meningkatkan Produktivitas?

Sekiranya, itulah penjelasan Glints mengenai manfaat teh untuk berbagai aspek kesehatan mentalmu.

Terkadang, yang dibutuhkan untuk melepas segala penat hanyalah secangkir teh yang hangat.

Tetapi, bila kamu ingin mencari lebih banyak informasi untuk menjaga kesehatan mental, cobalah kunjungi kanal Lifestyle di Glints Komunitas.

Di sana, kamu bisa berdiskusi dan saling berbagi pengalaman dengan sesama pengguna mengenai cara-cara terbaik untuk menjaga diri dari stres yang berlebih.

Yuk, daftarkan akunmu di Glints sekarang juga. Gratis!

Sumber

    The science of tea’s mood-altering magic

    Celebrate Hot Tea month with a cup for your mental health

    Mengandung Antioksidan Ini Efek Minum Teh Setiap Hari

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”